Rabu, 22 Februari 2012

Pelatihan "Menulis dengan Hati"


Dan akhirnya hari Minggu, 19 Februari 2012 kemarin, Majelis Sastra Madiun melaksanakan pelatihan menulis dengan tema "Menulis dengan Hati" di IKIP PGRI Madiun. Acara yang dimulai sejak pagi itu berlangsung seru meskipun jumlah peserta yang datang tidak terlalu banyak.


Yohanna Nainggolan & Zeventina

Tepat jam 9 pagi, acara dimulai. Pemateri pertama adalah seorang penulis juga penyunting buku, Khrisna Pabichara. Daeng yang satu ini memberikan dasar-dasar kepenulisan juga motivasi kepada para peserta untuk mau lebih giat lagi menulis. Satu persatu materi tentang menulis dipaparkan oleh Daeng Khrisna, diselingi dengan canda yang terkadang membuat perut sakit saking lucunya, dan kadang pula membuat otak berpikir dulu sebelum tertawa. Humor yang berat, hehehe..

Yohanna Nainggolan
Khrisna Pabichara
Zeventina

Yang menarik saat Daeng memberikan materi adalah beliau suka mengulang penjelasan materi 2 sampai 3 kali. "Karena tidak semua orang langsung bisa memahami dan mengerti, itulah mengapa perlu mengulang penjelasan", kurang lebih begitu penjelasan Daeng selesai acara. Selain itu, beliau pun rajin melakukan interaksi dengan para peserta, yang akhirnya menimbulkan semacam rasa akrab antar sesama, baik peserta dengan peseta maupun peserta dengan pemateri. Lah terus panitia gimana? Ya begitulah.. Materi pertama ini terus berlangsung hingga jam 4 sore. Apakah acara sudah selesai? Belum! Masih ada pemateri kedua sekaligus yang terakhir pada hari itu.

Iya, kami keren kan?! Makasih.



Peserta, pemateri dan panitia


Ya! Benar buat yang menjawab kalau pemateri kedua kita adalah duet maut Zeventina dan Yohanna Nainggolan. yang satu itu novelis, satu lagi adalah pemusik. Yang satunya cantik kalem, yang satunya lagi cantik enerjik. Dan nampaknya kedatangan mereka berdua tepat waktu. Bisa membuat suasana kembali ramai setelah sebelumnya para peserta sudah mulai tampak lelah. Diawali dengan "pembukaan" dari Yohanna. Di sini seru, para pesera (dan panitia) diminta untuk memperkenalkan diri masing-masing dan yang paling seru mendapatkan CD terbaru Yohanna yang berjudul "Bintang". Selesaikah? Belum dong! Masih ada pemberian materi dari Zeventina tentang menulis dan menerbitkan buku secara indie, juga ada "spoiler" dari buku terbaru Zeventina yang berjudul "Nyai Duesseldorf", yang jujur aja nih, bagus banget! Daeng Khrisna dan Zeventina sendiri yang memberikan "spoiler" buku itu.














Ketua MSM membaca puisi

Diakhir acara, seperti biasa kita foto-foto bareng, saling kenalan juga untuk mereka yang belum saling kenal. Seperti kata Yohanna, "Siapa tahu nanti diantara kita ada yang bakal ketemu lagi, jadi sayang banget kalo kesempatan kayak gini ga digunakan untuk saling kenal.."

Yang menyenangkan adalah untuk kali ini semua anggota MSM bisa berkumpul bersama, seru-seruan bareng. Meskipun kami tahu masih banyak yang kurang di acara ini, namun kami sebagai panitia bisa mengambil banyak pelajaran baik tentang jalannya acara dan hal-hal lainnya. Banyak terima kasih untuk para pemateri yang sudah super sekali, Daeng Khrisna Pabichara, Teteh Zeventina dan Kakak Yohanna Nainggolan. Lain waktu, jangan bosan main ke Madiun.

Ketemu lagi di acara Majelis Sastra Madiun selanjutnya.

SELESAI

1 komentar:

salma sang 'kupreet ndesoo
at: 22 Februari 2012 17.13 mengatakan...

aseeekk fotoku mampang disini.. yeee....
pematerinya keren bgt.. sukses buat panitia yaa..
klo ada workshop lgi kabarin saya...

Posting Komentar

Majelis Sastra Madiun. Gambar tema oleh andynwt. Diberdayakan oleh Blogger.
 

© Majelis Sastra Madiun, All Rights Reserved
Design by Dzignine and Conceptual photography